Jangan jadi mahasiswa mager

By Admin prodi 25 Sep 2023, 11:23:10 WIB Artikel
Jangan jadi mahasiswa mager

Kegiatan sebagai mahasiswa baru alias maba akan berbeda dengan masa-masa di sekolah. Di kampus, kamu bakal menemukan banyak organisasi yang bisa kamu ikuti.

Dengan mengikuti kegiatan kampus seperti UKM atau organisasi mahasiswa memiliki banyak manfaat. Mulai dari mengembangkan skill, memperluas jaringan, menambah pengalaman, dan juga dapat meningkatkan kualitas CV-mu.

Tapi, selain kegiatan di dalam kampus, kamu juga bisa mengiktui berbagai kegiatan di luar kampus, lho. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti dan akan mendapatkan banyak manfaat sama dengan jika kamu ikut aktif di dalam kegiatan kampus.

Di bawah ini ada beberapa kegiatan di luar kampus selain organisasi yang bisa kamu ikuti seperti dikutip dari berbagai sumber.

Menjadi sukarelawan atau volunteer adalah salah satu kegiatan di luar kampus yang cukup banyak dan sering diikuti oleh para mahasiswa. Sifat dari kegiatan ini ada yang rutin dan juga situasional.

Misalnya, jika sukarelawan yang bersifat rutin, setiap satu minggu sekali akan mengajar anak jalanan. Sedangkan, untuk kegiatan sukarelawan yang bersifat situasional dan enggak rutin, misalnya kamu menjadi panitia konser. Kegiatan ini enggak terlalu menyedot waktu dan dapat lebih disesuaikan.

Enggak sedikit kampus yang menjadikan magang sebagai salah satu syarat kelulusan selain tugas akhir atau skripsi. Tapi, kamu juga bisa kok melakukan magang tanpa harus menunggu jadwal dari kampus.

Kamu akan mendapatkan ilmu lebih cepat terkait tentang dunia karier dan juga bisa mempraktikan ilmu-ilmu yang kamu peroleh selama kuliah. Tentunya, magang juga bisa memperkuat CV atau resume saat kamu akan mencari kerja setelah lulus nanti.

Menjadi freelancer juga bisa memberikan kamu ilmu atau pengetahuan tentang dunia karier meskipun berbeda dari magang. Freelancer juga bisa menambah relasi dan juga menambah uang jajan.

Ada banyak situs yang menawarkan pekerjaan sebagai freelancer. Mulai dari penulis, desain, hingga bidang-bidang lainnya.

Workshop ini mirip dengan seminar tapi lebih melibatkan audiens untuk dapat aktif selama acara. Bukan hanya teori yang akan kamu dapatkan, tapi kamu juga akan dibekali dengan keterampilan dan dibimbing langsung oleh ahlinya.

Materi yang dibahas selama workshop juga biasanya akan membahas tentang SOP yang digunakan di dalam perusahaan. Kamu bisa mengiktui workshop yang sesuai dengan impian atau ilmu yang kamu dapatkan.

Kamu juga bisa mengikuti uji sertifikasi sesuai bidang ilmu yang kamu dapatkan. Sertifikat ini nantinya bisa dilampirkan di dalam CV atau resume dan bisa menarik hati para HRD.

Untuk kamu yang bertujuan untuk menambah relasi, bergabung dengan komunitas adalah pilihan yang tepat. Akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan terutama ketika kamu masuk atau bergabung ke komunitas yang sesuai dengan minat dan bidang ilmumu.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment