Buktikan Komitmen dalam Mendidik, Program Studi Diploma 3 Gizi – Raih Akreditasi Unggul
INFORMASI JURUSAN GIZI

By Admin prodi 12 Feb 2024, 11:39:48 WIB berita
Buktikan Komitmen dalam Mendidik,  Program Studi Diploma 3 Gizi – Raih Akreditasi Unggul

Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang berawal dari Akademik Gizi Malang yang berdiri sejak Tahun 1982 yang merupakan Pendidikan Tinggi Kesehatan Bidang Gizi kedua di Indonesia setelah Akademi Gizi Jakarta.  Dalam perjalanannya hingga memasuki usia yang ke-41 pada tahun 2023 ini, Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang membuktikan komitmennya dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.  Hal ini dibuktikan melalui perolehan Akreditasi Unggul yang diberikan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes.), melalui Surat Keputusan Nomor 0726/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2023 Tanggal 29 September 2023.

http://linkgambar.isorwit.my.id/konten_berita_akreditasi_unggul.png

Akreditasi yang diperoleh Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.  Peringkat akreditasi unggul tersebut diperoleh berdasarkan lima aspek yang menjadi bahan pertimbangan LAM-PTKes. untuk memberikan peringkat Akreditasi Unggul kepada Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, yaitu 1) Kompetensi Dosen; 2) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI); 3) Hasil Karya Dosen, berupa Luaran dan Capaian Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan/Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat); 4) Hasil Karya Mahasiswa berupa Pencapaian Prestasi/Reputasi Mahasiswa di Bidang Akademik dan Non-Akademik; dan 5) Kepuasan Internal dan External Stakeholder Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang.

 

Salah satu kriteria penilaian Kompetensi Dosen yang dilakukan adalah pendidikan yang telah ditempuh dosen.  Selain itu, kesesuaian bidang ilmu yang dimiliki dosen dengan program studi Lebih lanjut, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)  Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang telah mengikuti Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) dan menambahkan dengan Standar SPMI Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang sebagai Indikator Kinerja Tambahan (IKT). 

 

Hasil–hasil pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa umumnya dijadikan bahan pengayaan proses pembelajaran.  Dokumen–dokumen hasil PkM tersedia di perpustakaan sebagai bahan referensi mahasiswa dalam proses pembelajaran.  Dalam proses pembelajaran mahasiswa juga terlibat di dalam pengembangan Pembinaan Wilayah Berkelanjutan Jurusan Gizi/Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika di Kelurahan Pandanwangi dan Kelurahan Arjosari yang dilaksanakan  sejak tahun 2019.  Sejak tahun 2022 hingga 2024 PS Diploma 3 Gizi – Poltekkes Kemenkes Malang mengembangan Pembinaan Wilayah Berkelanjutan di Kelurahan Cemorokandang – Wilayah Kerja Puskesmas Gribig Kota Malang berkolaborasi dengan PS Diploma 3 Gizi, PS Diploma 3 Keperawatan Malang, dan Diploma 3 Teknologi Bank Darah.

 

Sistem Penjaminan Mutu yang diterapkan oleh Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang juga melakukan pemantauan terhadap kompetensi lulusan, dengan tujuan agar kemampuan yang dimiliki lulusan sesuai dengan target capaian pembelajaran dan kebutuhan Pengguna Lulusan (Eksternal Stakeholder).  

 

 

PkM Program Pembinaan Wilayah Berkelanjutan dalam Percepatan Penurunan Stunting di Puskesmas Pandanwangi – Kota Malang Tahun 2021

 

PkM Program Pembinaan Wilayah Berkelanjutan dalam Kampanye Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) Percepatan Penurunan Stunting pada Hari Kamis Tanggal 29 September 2022 di Balai Kelurahan Cemorokandang Wilayah Kerja Puskesmas Gribig – Kota Malang

 

Mahasiswa terus didorong untuk melakukan kegiatan kemahasiswaan, khususnya dalam kegiatan organisasi himpunan mahasiswa, dengan Dosen Pembina sesuai kompetensi dan Dosen Pelatih (kerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang).  Pada tahun akademik 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022 mahasiswa telah berpartisipasi dalam kegiatan kompetisi akademik dan non akademik, dengan memperoleh penghargaan/prestasi dan reputasi sebanyak 3 Tingkat Internasional, 9 Tingkat Nasional, 2 Tingkat Regional, dan 11 Tingkat Lokal, antara lain:

  1. Youth Intenational Science Fair (YISF) bidang Life Science oleh IYSA, tingkat internasional dengan prestasi yang dicapai Gold.  Selanjutnya, dari prestasi ini juga mendapatkan Penghargaan/Pengakuan HaKI dan bentuk Hak Cipta: CEREAL ALATA: Substitusi Tepung Ubi Kelapa Ungu (Dioscorea alata L.) dan Buah Apel Malang (Malus sylventris) pada Sereal Makanan Selingan Balita Stunting Fase Rehabilitasi.

 

Graphical user interface, application

Description automatically generated

Graphical user interface, website

Description automatically generated

  1. Youth Intenational Science Fair (YISF) Bidang Life Science oleh IYSA, tingkat internasional dengan prestasi yang dicapai Gold.  Selanjutnya, dari prestasi ini juga mendapatkan Penghargaan/Pengakuan HaKI dan bentuk Hak Cipta:  Snack Bar Innovation of High Omega-3 Formulation of Purslane    (Portulaca oleracea L.), Apple (Malus sylvestris), Lamtoro (Luecaena leucocephala), and Tempeh as Antioxidant and Antistress Alternative in Adolescents of Covid-19.

 

Graphical user interface, website

Description automatically generated

A screenshot of a computer

Description automatically generated with medium confidence

 

  1. WSEEC (World Science Environmet, and Engineering Competition) 2021 yang diselenggarakan pada 10 – 12 April 2021 mendapat Medali Perak.
  2. Pimnakes Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan – Kementerian Kesehatan RI Bidang Pengabdian kepada Masyarakat pada 18 November 2021 mendapat prestasi Juara Umum: Juara I Oral Presentation dan Juara I Poster Presentation.

 

 

Prestasi lulusan Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang telah menduduki jabatan-jabatan tertentu di lingkungan lembaga pendidikan tinggi, pemerintah/BUMN ataupun swasta, dan Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit di sebagain besar Provinsi serta Kota/Kabupaten di Indonesia.  Disamping itu, juga menduduki jabatan Ketua Organisasi Profesi Tingkat Pusat (DPP), Regional/Wilayah/Provinsi (DPD), maupun Kota/Kabupaten (DPC).  Diantara prestasi monumental dan kinerja yang telah diraih Lulusan, antara lain:

  1. Prof. Dian Handayani, SKM, M.Kes, PhD. Lulusan Program Studi Diploma 3 Gizi adalah Guru Besar dalam bidang Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB). Selain itu, juga mengembangkan Mata Kuliah Mikronutrient and Pharmacotherapy di Program Studi S2 Biomedik FKUB.
  2. Prof. Dr. Mutalazimah, S.KM., M.Kes.  Lulusan Program Studi Diploma 3 Gizi adalah Guru Besar dalam bidang Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan – Universitas Muhammadiyah Surakarta. Bidang riset lingkup Ilmu Gizi dan Kesehatan masyarakat khususnya mengenai Gangguan Akibat Kekurangan Yodium.

 

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh )  Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang maupun lulusannya dari Akreditasi Unggul LAM-PTKes. ini. Antara lain kemudahan yang akan diperoleh mahasiswa nantinya saat melamar kerja di instansi pemerintah maupun swasta.  Dengan akreditasi ini, lulusan Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang menjadi lebih mudah memasuki dunia usaha dan dunia industri.

 

Pencapaian akreditasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak di )  Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang.  Semua pihak saling bekerja sama untuk menjadikan )  Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang menjadi Program Studi Kesehatan Bidang Gizi yang lebih baik.  Semoga ke depan, )  Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang dapat meraih akreditasi maupun sertifikasi yang bertaraf internasional.

(PJ. Penjaminan Mutu Program Studi Diploma 3 Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment