5 Skill Sebagai Mahasiswa Jurusan Kesehatan yang Harus Anda Miliki

By Admin prodi 25 Sep 2023, 11:35:44 WIB Artikel
5 Skill Sebagai Mahasiswa Jurusan Kesehatan yang Harus Anda Miliki

Jurusan Kesehatan merupakan ilmu yang mempelajari tentang pencegahan dan pengobatan penyakit pada seseorang. Ilmu ini juga bertujuan untuk menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial. Dalam proses belajarnya anda akan mengetahui tentang hubungan antara manusia, lingkungan, dan metode pencegahan penyakit.

Berikut ini merupakan beberapa skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa Ilmu Kesehatan  .

1. Komunikasi
Tahukah anda bahwa lulusan Ilmu Kesehatan   juga tergolong dalam Tenaga Kesehatan  ? Nah, jika anda sudah lulus dan menyandang gelar tersebut maka anda harus pandai berkomunikasi. Hal ini berhubungan dengan dunia kerja dimana pastinya sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Jurusan Kesehatan di seluruh universitas pasti memberikan pembelajaran mengenai komunikasi. Khususnya komunikasi kepada masyarakat yang tentu berbeda dengan komunikasi kepada teman. Selama mempelajari cara komunikasi yang tepat kepada masyarakat, anda juga harus memahami bahwa karakter tiap masyarakat di suatu daerah pasti berbeda.

Nah, itulah pentingnya bagi tenaga kesehatan untuk pandai dalam berkomunikasi. Salah satu tujuan pentingnya ialah untuk menghindari kesalahan informasi. Kita pun mengetahui sendiri bahwa masyarakat Indonesia memiliki daya literasi yang rendah sehingga meningkatkan potensi kesalahan informasi.

2. Berani dan Cepat Tanggap
Alumni Jurusan Kesehatan akan memiliki posisi yang setara dengan dokter, suster, polisi dan tenaga kesehatan lainnya. Anda akan berada di garda terdepan, namun bukan untuk mengobati melainkan untuk mengedukasi. Anda akan membantu dokter dan tenaga kesehatan lainnya dengan cara edukasi. Jika edukasi kesehatan berjalan dengan baik maka beban kerja tenaga kesehatan lainnya menjadi lebih ringan.

Edukasi tentang kesehatan bisa dilakukan dengan banyak cara dan dalam situasi apapun. Anda harus berani dan tanggap terhadap segala situasi. Anda tidak bisa mengharapkan situasi yang baik ketika harus mengedukasi masyarakat di tengah masa kritis usai bencana. Namun jika hal itu tetap harus dilakukan maka anda harus selalu siap.

3. Berpikir Kreatif
Memberikan edukasi kepada masyarakat bisa disamakan dengan mengajari anak. Anda harus menemukan cara yang efektif dalam menyampaikan materi kesehatan. Terkadang cara tersebut tidak diajarkan melalui pembelajaran formal di kampus. Anda akan mendapatkan cara kreatif mengajar bila sedang dipaksa keadaan atau memang memiliki banyak pengalaman edukasi.

Dengan tuntutan tersebut maka calon mahasiswa Jurusan Kesehatan harus merupakan orang yang kreatif. Namun jika anda tidak merasa sebagai orang yang kreatif maka tenang saja. Kreatifitas bisa datang saat sudah merasakan berbagai pengalaman baru dan menarik. Ingatlah bahwa otak manusia juga berkembang dari waktu ke waktu sehingga anda tidak perlu berkecil hati.

Untuk mengasah kemampuan kreatif ini anda juga bisa meningkatkannya dengan berbagai cara. Misalnya menyelesaikan suatu kasus atau masalah, bisa tentang apa saja. Masalah atau kasus akan menuntun anda berpikir kreatif untuk bisa menemukan solusinya. Kelak hal ini akan berguna bila anda dihadapkan dengan situasi serupa yang membutuhkan solusi.

4. Belajar dan Bekerja dengan Tim
Seorang mahasiswa dari Jurusan Kesehatan tentu harus menjadi orang yang dapat belajar dan bekerja dalam satu tim. Kemampuan ini jarang sekali dimiliki oleh orang lain, kebanyakan dari mereka hanya akan memperlihatkannya pada masa perkenalan. Setelah itu mereka kembali pada sifat masing-masing yang tidak bisa berbaur dengan kelompok atau tim.

Sebagai tambahan informasi, anda akan bekerja sebagai tim dan individu saat masuk ke dunia kerja. Maka dari itu kemampuan ini sangat dibutuhkan dan harus anda asah dengan baik. Anda juga akan memiliki kemampuan tambahan seperti peka terhadap lingkungan sekitar dengan lebih baik lagi.

Untuk bisa memiliki kemampuan ini, seorang mahasiswa Jurusan Kesehatan harus menyingkirkan ego sejauh-jauhnya. Akan sulit bila anda adalah orang dengan ego atau harga diri terlalu tinggi untuk bisa memiliki kemampuan ini. Anda harus paham bahwa hidup ini tentang tolong menolong, tidak hanya mengutamakan kemenangan atau keberhasilan pribadi.

5. Kepemimpinan
Pada dasarnya, mahasiswa dididik oleh dosen dan tenaga pengajar lainnya untuk menjadi pemimpin di masa depan. Dengan itu maka ada berbagai organisasi di universitas sebagai wadah untuk melatih kepemimpinan para mahasiswa. Kemampuan ini akan dibutuhkan saat anda bekerja di lapangan. Kelak anda akan menjadi pemimpin, secara disengaja, direncanakan, atau tidak.

Lulusan Jurusan Kesehatan harus menjadi orang yang selalu siap dalam berbagai situasi. Hal ini dikarenakan tidak hanya tim dengan teman-teman saja yang akan dipimpin, anda juga berpotensi besar dalam memimpin masyarakat. Maka dari itu kemampuan memimpin sebuah tim ini sangat penting.

Perlu diketahui bahwa memimpin tidak hanya soal memerintah. Ini juga berbicara tentang merangkul teman-teman untuk bisa bergabung dengan tim, memecahkan masalah yang ada, hingga berani bertanggung jawab atas kesalahan anggota lain. Sebagai pemimpin yang baik, anda tidak memiliki pilihan untuk mengatakan "tidak" yang harus selalu anda lakukan ialah mencari solusi dan menyelamatkan banyak orang.

Penutup
Itulah beberapa kemampuan sebagai mahasiswa Jurusan Kesehatan yang harus anda miliki. Jika anda memang sudah menjadi orang dengan kemampuan-kemampuan tersebut sejak sebelum menjadi mahasiswa maka itu adalah tanda bagus untuk memilih salah satu jurusan yang ada di fakultas tersebut.

Kuliah di jurusan yang diinginkan memang menjadi satu kebanggaan tersendiri, terutama jika bisa kuliah di Jurusan Kesehatan. Ada beberapa kampus yang menjadikan ilmu kesehatan sebagai fakultas ataupun program unggulan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment